Jangan Menyepelekan Alergi Guys

Picture by freepik


Kita sering dong mengalami yang namanya alergi, banyak dari kita sering banget kan alergi, alergi itu macem-macem, ada yang alergi makanan, alergi obat, alergi debu dan masih banyak lainnya. Oh ya guys kalian jangan pernah menyepelekan yang namanya alergi ya guys.

Dilansir dari halaman Aldokter.com/alergi, alergi adalah reaksi kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap asing baik berbaya ataupun tidak. Ini berupa subtansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh kita loh guys.

Nah guys beberapa gelaja yang sering muncul saat alergi adalah
  1. Bersin-bersin
  2. Batuk-batuk
  3. Sesak nafas
  4. Ruam pada kulit (Merah-merah)
  5. Hidung beringus
  6. Terjadi pembengkan pada bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen
  7. Gatal
  8. Mata merah dan berair
  9. Sakit perut
  10. Mutah-muntah
  11. Dan diare
Nah guy sebenernya tingkat keparahan alergi itu setiap orang beda-beda ya, ada yang reaksinya ringan, dan juga ada yang bereaksi denga fatal, nah kalau sudah fatal itu disebut dengan anafilaksi dan ini harus membutuhkan tenaga medis ya guys gak bisa di tangani dengan sendiri ya.

Nah anafilaksis ini adalah reaksi alergi yang tergolong cukup berat guys dan bisa mengancam nyawa penderitanya. Syok anafilaksis ini terjadinya sangat cepat dalam hitungan detik. Reaksi ini terjadi karena sistem imun tubuh merespon bahwa alergen tersebut adalah berbahaya secara berlebihan.

Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya alergi adalah :
  1. Makanan
  2. Sengatan serangga
  3. Obat-obatan tertentu
  4. Dan lainnya
Bebrapa faktor diatats dapat memperbesar resiko memiliki penyakit asma dan alergi, dan juga riwayat anafilaktik. Berikut gejala anafilaktik yanga harus dan kudu diperhatikan:
  1. Badan tiba-tiba terasa hangat
  2. Pembengkakan bibir dan lidah
  3. Bengkak di tenggorokan atau sulit menelan
  4. Sensasi Kesemutan
  5. Mual, muntah dan diare
  6. Sakit perut
  7. Tampak bingung dan gelisah
  8. Terasa melayang, ingin pingsan, dan sampai kehilangan kesadaran diri
  9. Sesak nafas atau mengi
  10. Berdebar-debar, denyut menjadi lemhm keringat dingin dan pucat
Syok anafilaktik merupakan keadaan gawat darurat yang trjadi gejala-gejala yang ditemukan saat pemeriksaan fisik. Nah guys beberapa tindakan yang perlu dilakukan dokter saat terjadinya syok anafilaktik adalah
  • Memberikan suktikan adrenalin
  • Memberikan Oksigen tambahan
  • Melakukan CPR bila terjadi henti jantung atau henti nafas
  • Memberikan cairan infus
  • Memberikan obat lain untuk mengurangi gejaa lainnya
Pencegahan bila kalian guys kena syok anafilaktik adalah anda harus mengetahui bahwa anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, ketika membeli makanan, minuman dan obat baca keterangan pada kemasan ya guys, menghindari gigitan serangga. Dan bila segera melakukan tes alergi dirumah sakit atau klinik terdekat. Bawalah selalu obat-obatan, terutama adrenalin auto injector, sertakan catatan kecil berisi daftar alergen anda, dan apa yang harus dilakukan oleh orang di sekitar anda jika terjadi syok anafilaktik. Guys syok anafilaktik adalah berujung pada kematian yang disebabkan oleh terhentinya detak jantung dan pernapasan, dan juga dapat mengakibatkan komplikasi yang mengakibatkan gagal ginjal, serangan jantung, kerusakan otak. Segera minta pertolongan dokter agae syok anafilaktik bisa tertangani. dan untuk detailnya guys kalian bisa baca lengkapnya di alodokter.com/syok-anafilaktik, tinjauan dr. Marianti atau klik link disini.


Cheers,

Posting Komentar

0 Komentar